Sabtu, 26 April 2014

SUMBER SEJARAH



Satuan Pendidikan    : Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Malang
Kelas/Semester          : X / I
Mata Pelajaran          : Sejarah Indonesia
Materi Pokok             : Sumber Sejarah
Sub Materi                 : Bentuk atau Jenis Sumber Sejarah
Pertemuan                 : -
Alokasiwaktu             : 2 x 45 menit (90 menit)

        A.      Kompetensi Inti
1.         Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
2.         Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.         Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.         Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

          B.       Kompetensi Dasar
1.1     Menghayati keteladanan para pemimpin dalam mengamalkan ajaran agamanya.
2.1     Menunjukkan sikap tanggung jawab dan peduli terhadap berbagai bentuk atau jenis sumber sejarah.
2.3     Berlaku jujur dan bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah. 
3.6  Menganalisis berbagai bentuk atau jenis sumber sejarah.
Indikator:
3.6.1. Mengklasifikasikan berbagai bentuk atau jenis sumber sejarah.
3.6.3. Membandingkan perbedaan antara sumber sejarah primer dengan sekunder.

4.6 Menyajikan hasil analisis jenis sumber, peran sumber, dan keterkaitannya dengan kejadian sejarah, dalam berbagai bentuk presentasi.
Indikator:
4.6.1. Membuat laporan tertulis tentang jenis sumber sejarah primer dan sumber sejarah sekunder dan menyajikannya dalam bentuk presentasi kelas.

          C.      TujuanPembelajaran

 Melalui diskusi kelompok siswa mampu membandingkan dengan benar sumber sejarah antara sumber sejarah





SUMBER SEJARAH

A.      Pengertian Sumber Sejarah
Untuk merekontruksi kembali peristiwa-peristiwa masa lampau menjadi suatu kisah diperlukan adanya sumber sejarah, bukti, serta fakta-fakta sejarah. Dari sumber sejarah dapat diperoleh informasi yang menjelaskan tentang terjadinya suatu peristiwa tertentu. Penggunaan sumber dalam belajar sejarah menjadi sangat penting karena sejarah merekonstruksi peristiwa yang benar-bear terjadi pada masa lalu. Informasi yang diperoleh dari data atau sumber sejarah adalah keterangan sekitar apa yang terjadi, siapa pelakunya, di mana peristiwa itu terjadi dan kapan peristiwa itu terjadi. Seluruh keterangan inilah yang dijadikan dasar untuk merekonstruksi peristiwa masa lalu menjadi sebuah karya sejarah. Oleh karena itu karya sejarah merupakan sebuah karya nonfiksi.
Menurut beberapa ahli, pengertian sumber sejarah antara lain sebagai berikut :
a.       Zidi Gazalba
Sumber sejarah adalah warisan yang berbentuk lisan, tulisan, dan visual.
b.      Muh. Yamin
Sumber sejarah adalah kumpulan benda kebudayaan untuk membuktikan sejarah.
c.       R. Moh. Ali
Sumber sejarah adalah segala sesuatu yang berwujud dan tidak berwujud serta berguna bagi penelitian sejarah Indonesia sejak zaman Purba sampai dengan sekarang.
            Untuk mempermudah dalam memahami sumber sejarah, sumber sejarah dapat digolongkan sebagai berikut :
a.      Berdasarkan Bentuk dan Wujud
Berdasarkan bentuk dan wujudnya ini, sumber sejarah dapat dibedakan atas sumber tertulis, lisan, dan sumber benda.
1.    Sumber Tertulis

Sumber tertulis adalah keterangan tentang peristiwa masa lalu yang disampaikan secara tertulis dengan mengguakan media tulis sepeti batu dan kertas. Sumber terulis dengan menggunakan  batu disebut prasasti. Di Indonesia, sumber tertulis berupa prasasti sangat banyak. Dari keterangan prasasti itulah kita mengetahui adanya Kerajaan Kutai di Kalimantan Timur dan Kerajaan Taruma Negara di Jawa Barat. Keduanya dipercaya sebagai kerajaan tertua di Indonesia, dan keduanya menganut agama Hindu. Reflika sumber tertulis berupa prasasti tersebut kini tersimpan di dalam Museum Nasional di Jakarta.
Prasasti Kutai

Penemuan kertas menggantikan batu sebagai media penulisan. Informasi yang diiberikan media kertas lebih banyak dan lebih lengkap bila dibandingkan media batu. Tulisan pejabat VOC dan pemerintah kolonial Hindia Belanda menjadi sumber tertulis yang dijadikan dasar untuk merekonstruksi masa lalu bangsa Indonesia pada abad ke-16 hingga abad ke-19. Informasi tertulis itu dapat berupa cerita, laporan pertanggungjawaban pada akhir masa jabatan, atau laporan pejabat kepada atasanya tentang suatu peristiwa yang terjadi di wilayahnya. Kini data atau sumber tertlulis dengan menggunakan media kertas tersebut disimpan di dalam Arsip Nasional Republik Indonesia.

Arsip Belanda
(surat tanah masa penjajahan Belanda)
                                                                       
                                               


2.    Sumber Lisan
Sumber sejarah tidak semuanya ditulis. Sumber sejarah semacam ini disebut sebagai sumber lisan. Cara memperolehnya yaitu dengan melalui teknik wawancara kepada pelaku atau saksi sejarah. Pelaku sejarah adalah orang yang secara langsung terlibat dalam peristiwa sejarah. Sebagai contoh pelaku sejarah dalam perjuangan kemerdekaan, proklamasi kemerdekaan, peristiwa Gerakan 30 September 1965, dan sebagainya.
Saksi sejarah ialah orang yang mengetahui suatu peristiwa sejarah, tetapi tidak terlibat secara langsung. Misalnya petani yang menyaksikan pertempuran pada masa perang kemerdekaan, atau masyarakat sekitar tempat tinggal Presiden Sekarno di jalan Pegangsaan Timur yang menyaksikan pembacaan Proklamasi Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945, atau orang-orang yang menyaksikan sekitar peristiwa Gerakan 30 September 1965 maupun Reformasi tahun 1998.
Arsip Nasional Republik Indonesia memiliki banyak rekaman hasil wawancara mereka terhadap pelaku sejarah. Hasil wawancara itu dapat dimanfaatkan untuk pelajaran sumber lisan.

Contoh saksi sejarah seorang veteran TNI

3.    Sumber Benda (Artefak)
Sumber benda (Artefak) merupakan benda-benda peninggalan sejarah. Benda-benda ini antara lain gedung, benteng pertahanan, candi, perhiasan, peralatan perang, gerabah, manik-manik dan sebagainya. Untuk mengetahui usiabenda-benda sejarah dapat diketahui dengan tiga cara. Pertama secara tipologi, yaitu menentukan usia benda berdasarkan pada bentuk atau tipenya. Kedua secara stratigrafi, yaitu menentukan usia benda berdasarkan usia lapisan tanah tempat benda ditemukan (lapisan tanah pada tingkat paling bawah menunjukkan usia benda semakin tua). Ketiga secara kimiawai, yaitu menentukan usia benda sejarah berdasarkan pada unsur-unsur kimia yang terkandung di dalamnya.

   Candi Prambanan                  Gerabah                               Benteng “Fort Du Bus”
                                                      

                          
                 

b. Berdasarkan Sifatnya
Sumber sejarah dilihat dari sifatnya dapat dibedakan menjadi sumber sejarah primer, sekunder, dan tersier.
1.    Sumber Primer
Sumber primer disebut juga sumber utama atau sumber asli. Merupakan informasi yang diperoleh secara langsung dari pelaku atau saksi peristiwa bersejarah. Contoh sumber primer tertulis adalah arsip-arsip. Arsip dianggap sebagai sumber primer karena ditulis pada saat terjadinya peristiwa yang dilaporkan. Untuk sumber primer yang berupa keterangan lisan, contohnya antara lain adalah naskah teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Sumber primer dapat menjadi sumber utama untuk melihat dan memahami kebenaran terhadap kejadian masa lalu.

Naskah teks proklamasi
2.    Sumber Sekunder
Sumber sekunder berisi informasi atau keterangan yang diperoleh dari perantara, tetapi tidak memiliki hubungan secara langsung terhadap terjadinya peristiwa sejarah. Sumber ini disebut juga dengan sumber kedua. Contoh sumber sekunder tertulis adalah surat kabar sumber yang ditulis oleh sejarawan berdasarkan sumber primer atau sumber yang bukan merupakan kesaksian langsung pada periode sejarah yang diteliti oleh sejarawan.




Surat Kabar

3.    Sumber Tersier
Sumber tersier merupakan keterangan lisan yang diperoleh atau disampaikan oleh pihak ketiga atau lebih. Pihak ketiga ini misalnya saksi ahli, yaitu seseorang yang memiliki keahlian pada bidang tertentu. Contohnya ahli sejarah, ahli antropologi, dan ahli arkeologi.
Sumber sejarah menjadi sangat penting untuk mengetahui kabar kehidupan masa lampau, hal ini dapat dilakukan melalui penelitian. Untuk merekontruksi kembali peristiwa-peristiwa masa lampau menjadi suatu kisah diperlukan adanya sumber sejarah, bukti, serta fakta-fakta sejarah. Dari sumber sejarah dapat diperoleh informasi yang menjelaskan tentang terjadinya suatu peristiwa tertentu. Dengan demikian sumber sejarah sangat penting dalam penulisan sejarah.
















TUGAS/LANGKAH KERJA

A.  Pilihan Ganda
Pilihlah jawaban yang paling benar dengan cara memberi tanda (X) pada huruf A, B, C, D, dan E di bawah ini.
1.    Informasi atau keterangan yang dapat diperoleh dari sumber sejarah adalah....
a.    Kejadian apa dan kapan
b.    Kejadian apa dan dimana
c.    Kejadian dimana dan kapan
d.    Kejadian apa, dimana dan kapan
e.    Kejadian  dimana, kapan dan mengapa

2.    Sumber sejarah mempunyai beberapa arti menurut beberapa ahli. Sorang ahli yang mendefinisikan sumber sejarah merupakan “warisan yang berbentuk lisan, tulisan dan visual” adalah....
a.       Zulkifli
b.      Muh Yani
c.       R Moh Ali
d.      Muh Yamin
e.       Zidi Gazalba

3.    Supaya mempermudah dalam memahami tentang sumber sejarah maka sumber sejarah digolongkan berdasarkan....
b.    Sifat dan Jenis
c.    Sifat dan Wujud
d.    Jenis dan Bentuk
e.    Bentuk dan Wujud serta Jenis
f.     Bentuk dan Wujud serta Sifat

4.    Sumber sejarah dapat digolongkan berdasarkan bentuk dan Wujudnya. berdasarkan bentuk dan wujudnya sumber sejarah dibedakan atas sumber....
a.    Sumber lisan
b.    Sumber benda
c.    Sumber tertulis
d.    Sumber lisan dan tertulis
e.    Sumber lisan, tertulis dan benda
5.    Berdasarkan penggolongannya, 7 Yupa yang ditemukan di Kutai merupakan sumber sejarah ....
a.    Sumber lisan
b.    Sumber benda
c.    Sumber tertulis
d.    Sumber lisan dan benda
e.    Sumber tertulis dan benda

6.    Berdasarkan penggolongannya, gambar arsip Belanda (surat tanah masa penjajahan) berikut merupakan sumber sejarah....
a.    Sumber lisan
b.    Sumber benda
c.    Sumber tertulis
d.    Sumber lisan dan benda
e.    Sumber tertulis dan benda

7.    Berdasarkan penggolongannya, informasi yang diperoleh dari hasil wawancara terhadap saksi sejarah merupakan sumber sejarah....
a.    Sumber lisan
b.    Sumber benda
c.    Sumber tetulis
d.    Sumber lisan dan benda
e.    Sumber tertulis dan benda

8.    Berdasarkan penggolongannya gambar candi prambanan dan gerabah berikut merupakan sumber sejarah....
a.    Sumber lisan
b.    Sumber benda
c.    Sumber tetulis
d.    Sumber lisan dan benda
e.    Sumber tertulis dan benda







9.    Sumber sejarah dapat digolongkan berdasarkan sifatnya. Berdasarkan sifatnya sumber sejarah dibedakan atas sumber....
a.    Primer, Sekunder dan Tersier
b.    Primer dan Sekunder
c.    Sekunder dan Tersier
d.    Sekunder
e.    Primer

10.   Berdasarkan penggolongannya, naskah proklamasi merupakan sumber sejarah....
a.    Sekunder  dan Tersier
b.    Primer dan Sekunder
c.    Sekunder
d.    Tersier
e.    Primer


B.   Uraian
1.    Jelaskan pengertian sumber sejarah menurut para ahli, minimal tiga !
2.    Jelaskan, beserta berikan contohnya sumber sejarah berdasarkan bentuk atau wujudnya !
3.    Bagaimana hubungan antara sumber sejarah primer dan sekunder ?
4.    Jelaskan bagaimana cara mendapatkan sumber sejarah lisan ?
5.    Mengapa dalam penulisan sejarah sumber sejarah sangat diperlukan ?


PENILAIAN

1.    Membuat laporan tertulis tentang jenis sumber sejarah primer dan sumber sejarah sekunder dan menyajikannya dalam bentuk presentasi kelas.

(Tugas diketik dan dikumpulkan 1 minggu setelah pemberian tugas)





Daftra Pustaka


Moh. Ali. 2004. Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia. Yogyakarta; LKIS (hal 13-24)

Sumardianta, dkk. 2013. Sejarah Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Grasindo 

Tim Kreatif Putra Nugraha. 2013. Buku Pendamping BSE Sejarah. Surakarta: Putra Nugraha. (hal 50-51)

http://fis2010sejarah.blogspot.com/p/sumber-sejarah.html.

















7 komentar:

  1. jawaban soalnya dimana......???

    BalasHapus
  2. sumpreet , dimana jawabannya

    BalasHapus
  3. Tulisannya bikin rusak mata bro,
    Tolong diperbaiki
    Trimkasih

    BalasHapus
  4. Karapat casino and online casino (2021) | Kadang Pintar
    Karapat online casino (2021) · Poker · Slot games · Casino games · Casino 카지노 games · Casino games · Casino games · Casino games · Casino deccasino games · Casino kadangpintar games · Casino games

    BalasHapus